Materi Pertemuan 1 (Operating System)

Nama          : Gede Haris Premana Wibawa.
Nim             : 1605551016.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Operating System
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.

Halo para blogger, akhirnya saya muncul lagi dengan pembahasan yang kali ini sedikit berbeda karena postingan ini berkaitan dengan mata kuliah yang sedang saya emban disemester 4. Sebelumnya pernah dengar istilah OS ? Nah, postingan saya kali ini akan membahas mengenai OS (Operating System). 

Istilah OS atau sering disebut Sistem Operasi, biasanya telah tertanam didalam laptop, komputer, dan gadget kita. Sistem Operasi merupakan program utama yang dapat mengontrol sumber daya hardware dan software sekaligus mengontrol jalannya aplikasi lainnya. Tanpa adanya Sistem Operasi, laptop dan gadget kalian tidak akan bisa dioperasikan. 

Struktur Hardware dan Software Komputer

Struktur Sistem Operasi adalah struktur untuk menentukan komponen-komponen pada Software dan komponen-komponen pada Hardware agar dapat saling berinteraksi satu sama lain. Secara struktur atau urutan, hubungan antara Hardware, Sistem Operasi, dan Software dapat dilihat pada gambar berikut ini. 



Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat bahwa Sistem Operasi menjadi penghubung antara Software dan Hardware sehingga mereka dapat saling berinteraksi satu sama lain.


Peran Sistem Operasi

Sistem Operasi memiliki beberapa peran penting yang perlu kalian ketahui : 
1. Membantu dalam pengembangan software. Contohnya seperti IDE, Debugger, dan Editor. OS dapat menjalankan aplikasi tersebut yang biasanya digunakan oleh para developer untuk mengembangan suatu software. 
2. Eksekusi program. OS dapat mengeksekusi program untuk dijalankan oleh pengguna.
3. Akses Input / Output Device. OS dapat terhubung sekaligus mengontrol perangkat masukkan dan juga perangkat keluaran.
4. Akses ke sistem. Pada OS juga mengontrol hak akses pengguna, apakah dia sebagai root (admin) atau sebagai user biasa.
5. Deteksi Error. OS juga dapat mendeteksi kesalahan yang terjadi dan melakukan penangannanya.
6. Menghitung statistik penggunaan resource komputasi. OS berfungsi untuk pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya.
7. Penyediaan API (Application Programming Interface). Menyediakan layanan seperti menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan fasilitas yang lebih mudah dan nyaman.


Hubungan Sistem Operasi dengan Manajemen Resource

Hubungan yang ada pada Sistem Operasi dengan manajemen sumber daya adalah ketika sistem operasi mampu mengontrol input dan output melalui perangkat I/O controller yang kemudian diteruskan pada processor. Supaya kalian kebayang bagaimana hubungannya mari kita lihat gambar berikut. 

Bisa kita lihat berdasarkan gambar diatas mengenai hubungan sistem operasi dengan manajemen resource pada komputer. Selain mengontrol perangkat I/O controller, Sistem Operasi juga menangani langsung instruksi ke processor untuk mengeksekusi program, mengatur waktu eksekusi dan mengatur penjadwalan setiap program yang sedang dijalankan.


Referensi 
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System". 2018.
Previous
Next Post »
0 Komentar