Materi Pertemuan 2 (Process)

Nama          : Gede Haris Premana Wibawa.
Nim             : 1605551016.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Operating System
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.

Halo para blogger, kembali lagi dengan pembahasan mengenai materi lanjutan dari materi sebelumnya yaitu Operating System (OS), kali ini saya akan membahas mengenai Proses Sistem Operasi. Hal-hal yang saya akan bahas disini mengenai definisi proses, kondisi/ status proses, Process Control Block (PCB), dan manajemen proses. 


Definisi Proses


Proses merupakan unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi. Proses juga dapat diartikan sebuah program yang sedang dalam kondisi dijalankan atau dieksekusi. Ada hal yang perlu kalian ketahui bahwa Proses bukan lah kode program, karena proses menggambarkan aktifitas yang sedang terjadi pada sistem operasi, disertai dengan nilai dari program counter dan isi dari daftar prosesor (processor's register).

Kondisi / Status Proses


Jenis status yang terdapat pada proses dalam sistem operasi ada 5 diantaranya sebagai berikut. 
1. New, proses yang baru saja dibentuk dan belum masuk pada mekanisme antrian eksekusi
2. Running, proses yang sedang dieksekusi.
3. Waiting,  proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal).
4. Ready, proses yang sudah siap dan menunggu giliran untuk dieksekusi.
5. Terminated, proses yang telah selsesai melaksanakan
tugasnya, dimana proses tidak mampu untuk berjalan sehingga sistem operasi akan memberikan batas waktu respon jika melewati batas waktu maka proses tersebut dihentikan.

Nama atau istilah proses yang digunakan diatas bisa saja berbeda pada setiap sistem operasi namun sejatinya proses bersifat mengubah state (kondisi awal / statis).


Process Control Block (PCB)

PCB merupakan bentuk informasi-informasi lain yang diperlukan Sistem Operasi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan beragam proses aktif dalam suatu proses. PCB ini hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang dapat bervariasi dari proses yang satu dengan yang lainnya. 



PCB ini berisikan banyak informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang spesifik, seperti status proses, program counter, CPU regsiters, informasi manajemen memori, informasi pencatatan dan informasi status I/O. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai informasi-informasi tersebut. 
1. Status Proses. Seperti new, ready, running, waiting, halted dan lain lain.
2. Program Counter. Suatu stack yang berisi alamat dari instruksi selanjutnya untuk dieksekusi untuk proses ini.
3.CPU Register. Register bervariasi dalam jumlah dan jenis, tergantung pada rancangan komputer. Register tersebut termasuk accumulator, register indeks, stack pointer, general-purposes register, ditambah code information pada kondisi apa pun. Beserta dengan program counter, keadaan/status informasi harus disimpan ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan/bekerja dengan benar setelahnya.
4. Informasi Manajemen Memori. Informasi ini sebagai nilai dari dasar dan batas register, tabel halaman, atau tabel segmen tergantung pada sistem memori yang digunakan oleh sistem operasi.
5. Informasi Pencatatan. Informasi ini mengenai jumlah dari CPU dan waktu real yang digunakan, batas waktu, jumlah akun, jumlah job atau proses, dan lain lain.
6. Informasi Status I/O. Informasi ini mengenai daftar dari perangkat I/O yang di gunakan pada proses ini, suatu daftar open berkas dan lain lain.

Manajemen Proses 

Sistem operasi dalam menangani proses, dapat melakukan manajemen proses, berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan sistem operasi dalam memanajemen proses.
1. Penciptaan proses.
2. Penghancuran / terminasi proses.
3. Penundaan proses.
4. Melanjutkan kembali proses.
5. Mengubah prioritas proses.
6. Memblok proses.
7. Membangunkan proses.
8. Menjadwalkan proses.
9. Memungkinkan proses berkomunikasi dengan
proses lain.


Praktek Mandiri

Saya mencoba menjalankan sebanyak mungkin aplikasi kemudian menjalankan perintah "top" pada Sistem Operasi Linux Ubuntu. Berikut ini hasil dokumentasi percobaan saya. 


Bisa kita lihat pada gambar diatas mengenai proses yang terjadi pada sistem operasi Linux Ubuntu melalui terminal dengan menjalankan perintah "top".


Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System Pertemuan 2". 2018.
Previous
Next Post »
0 Komentar