Komunitas Virtual

Hallo kawan - kawan, kali ini saya akan membahas sekilas tentang apa itu Komunitas Virtual.

Pengertian Komunitas Virtual

      Komunitas  nyata adalah sekelompok masyarakat yang secara indrawi dapat dirasakan sebagai sebuah kehidupan nyata, dimana sebuah kehidupan nyata sosial sesama anggota masyarakat di bangun melalui penginderaan (dapat diraba, dilihat, dicium, didengar dan dirasakan, oleh panca indera).
     Seiring kemajuan jaman, saat ini telah banyak bermunculan berbagai jenis komunitas. Salah satu jenis komunitas yang ada saat ini adalah komunitas virtual. Komunitas virtual adalah sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dan terkoneksi di dunia maya dengan teknologi informasi, khususnya Internet.
    Sekelompok orang ini mendiskusikan berbagai hal dan topik tertentu mulai dari yang bersifat non formal (misalnya masalah hobby, kegemaran, makanan, dan lain sebagainya) hingga yang bersifat formal (misalnya masalah politik, sosial, agama,dan lain sebagainya).
    Banyaknya komunitas virtual yang muncul merupakan suatu trend yang memungkinkan manusia berkegiatan di ruang virtual bersama orang-orang dari segala penjuru dunia membentuk sebuah komunitas, tanpa harus berkumpul di suatu tempat secara fisik.


Kelebihan dari Komunitas Virtual

  • Sebagian besar anggota sebuah komunitas nyata memanfaatkan komunitas online sebagai media berbagi yang nyaman dan leluasa.
  • Dengan adanya sebuah komunitas virtual, maka anggotanya akan memperoleh manfaat yang lebih besar jika dibanding suatu komunitas nyata tanpa komunitas online
  • Dengan adanya keberadaan komunitas virtual melahirkan cara komunikasi yang tidak terikat oleh jarak dan waktu, sehingga dimungkinkan untuk mempererat solidaritas antar anggota (karena sering berkomunikasi)

Ciri - ciri Komunitas Virtual Menurut Reingold

  1. Kesamaan Hobi / Interest
    Kesamaan menjadi penting untuk membentuk sebuah komuntias yang solid
  2. Adanya interaksi yang teratur
    Interaksi yang teratur menjadi penting untuk menjaga kontak dan kekompakan antara anggota komunitas.
  3. Adanya identifikasi atau identitas
    Identitas, sebagai pengenal masing-masing anggota komunitas yang bisa berupa nick name.
  4. Fokus yang khusus terhadap satu hal
    Dalam setiap komunitas, harus ada hal yang khusus terhadap satu hal. Hal tersebut biasanya berupa topik, kesamaan hobi / interest.
  5. Isi diskusi harus sama dengan topik dalam komunitas
    Hal ini penting untuk menjaga supaya diskusi tetap berada pada jalurnya.
  6. Keterbukaan suatu akses untuk informasi
    Karena tiap anggota komunitas memiliki hak yang sama dalam mendapatkan informasi, sehingga setiap informasi yang dipunyai dapat di share kepada seluruh anggota komunitas.

Tipe - tipe Komunitas Virtual

  1. General (Umum)
    Tempat berkumpul secara online untuk mendiskusikan topik yang umum dan saling berkomunikasi.
  2. Practice (Peneliti)
    Komunitas dari para praktisi, penemu dari benda - benda seni sejarah, pencipta musik, dan kode komputer.
  3. Interest (Minat)
    Komunitaas yang dibangun berdasarkan kesamaan minat/ketertarikan yang sama pada suatu hal, misalnya game, olahragam musik, politik, kesehatan, keuangan, dan gaya hidup.
  4. Affinity (Kesamaan Kategori)
    Komunitas dimana para anggotanya memiliki kesamaan kategori demografi atau geografi. Contohnya wanita, pria, keturunan amerika, keturunan tionghoa.
  5. Sponsored (Sponsor)
    Komunitas yang dibuat oleh badan usaha komersial, pemerintah, dan organisasi non profit untuk maksud dan tujuan yang beragam, digunakan untuk menarik perhatian pengunjung, pelanggan, dan untuk meningkatkan pendapatan.
Referensi :

Previous
Next Post »
0 Komentar