Materi Pertemuan 6 (Information Centric Networking)

Nama          : Gede Haris Premana Wibawa.
Nim             : 1605551016.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Centric Principles
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.

Materi ini membahas mengenai Information Centric Networking yang merupakan materi dipertemuan yang ke enam. Apa itu Information Centric Networking ? Yuk dibaca dan disimak pembahasan dipostingan kali ini. 

Information Centric Networking

Informasi berperan sangat penting dimasa kini dengan adanya peranan internet yang dapat mendistribusikan dan memanipulasinya. Selain mendistribusikan konten yang berbasis web, terdapat teknologi lain yang didistribusikan seperti P2P yang telah muncul dan mempromosikan model komunikasi untuk mengakses data dengan nama, terlepas dari lokasi server asal. Untuk menanggapi peningkatan volume lalu lintas di Internet saat ini untuk aplikasi seperti video mobile dan komputasi awan (cloud), satu set teknologi yang berbeda dan layanan distribusi digunakan yang menggunakan caching, replikasi dan distribusi konten dengan cara spesifik yang berbeda. 

Information Centric Networking (ICN) adalah suatu pendekatan untuk mengembangkan infrastruktur Internet untuk secara langsung mendukung dengan memperkenalkan data dengan nama unik sebagai prinsip intinya. Data menjadi independen dari lokasi, aplikasi, penyimpanan, dan sarana transportasi, memungkinkan penyimpanan dan replikasi dalam jaringan. Manfaat yang diharapkan adalah peningkatan efisiensi, skalabilitas yang lebih baik sehubungan dengan permintaan informasi / bandwidth dan ketahanan yang lebih baik dalam skenario komunikasi yang menantang. Konsep-konsep ini dikenal dengan istilah yang berbeda, termasuk tetapi tidak terbatas pada: Jaringan Informasi (NetInf), Named Data Networking (NDN) dan Jaringan Penerbit / Berlangganan. 
Konsep ICN dapat diterapkan ke berbagai lapisan tumpukan protokol: akses data berbasis nama dapat diimplementasikan di atas infrastruktur IP yang ada, misalnya, dengan memberikan penamaan sumber daya, caching di mana-mana dan layanan transportasi yang sesuai, atau dapat dilihat sebagai teknologi internetworking tingkat paket yang akan menyebabkan perubahan mendasar pada perutean dan penerusan Internet. 

Konsep ICN jika diimplementasikan dalam NCP dapat menjadikan solusi yang baik dalam keberlangsungan jaringan internet yang dipenuhi dengan konten, data dan informasi yang tentunya cukup besar dari berbagai layanan. Perlunya konsep ICN ini untuk menjadikan jaringan yang berorientasi kepada informasi yang disediakan pengguna dalam hal ini berupa konten sehingga lebih reliable dan tentunya efisien. 


Gambar diatas menunjukkan sebuah penggambaran dari seorang pengguna yang mengakses informasi maupun konten melalui jaringan internet namun pengguna mengunjungi sistem yang tidak terpercaya dalam hal ini apakah itu koneksinya ataupun host penyedia layanan. Sejatinya pengguna berhak mendapatkan informasi maupun konten yang terpercaya dari penyedia layanan yang bukan abal-abal.

Peran ICN sangat penting dalam menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna dalam mengakses informasi maupun konten dengan memastikan node yang terdapat pada jaringan mempunyai otentikasi dalam hal ini server, client serta node lain.

Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Centric Principles Pertemuan 6". 2019.
[2] IRTF. "Information-Centric Networking Research Group". 2012.
Previous
Next Post »
0 Komentar