Apa itu Internet of Things ?

Halo teman-teman ini merupakan artikel terakhir untuk memenuhi tugas besar pada mata kuliah Aplikasi Sosial Media. Internet of Things ialah segala sesuatu yang dapat terkoneksi dan terhubung dengan internet mereka saling terkoneksi antara satu sama lain dengan teknologi internet. 



Pada dasarnya, sesuatu yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan internet sepeti barang elektronik (ac, kulkas, remote, lampu, mesin cuci) ataupun dapat diintegrasikan dengan makhluk hidup seperti hewan.

Dampak Positif dari Internet of Things

Internet of Things memiliki dampak bagi aturan baru, dimana aturan masa depan akan menjadi apapun yang dapat dihubungkan, akan terhubung. Tapi kenapa kita perlu banyak perangkat yang saling berhubungan satu sama lain? Seperti anda menggunakan fitur GPS untuk bisa mengakses rute terbaik, namun lalu lintas berat menyebabkan kendaraan anda mengirim pesan teks kepada rekan anda, bahwa anda akan terlambat.
Meningkatkan perkembangan dunia IT yang dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Dari pengertian Internet of Thing yang sudah dijelaskan di atas, bahwa segala sesuatu akan dihubungkan dengan internet untuk memaksimalkan konektifitas internet, selain itu juga bertujuan untuk memaksimalkan kinerja seluruh benda yang sudah terhubung dengan internet tersebut, dengan begitu maka kegiatan manusia pun akan lebih mudah dengan bantuan benda yang sudah canggih. 
Dampak berikutnya adalah dapat mendatangkan inovasi baru. Dengan adanya konsep ini tentu akan memicu para ahli IT untuk menemukan inovasi. Berbagai inovasi yang akan di hasilkan oleh para penemu tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Inovasi terbaru yang dapat dinikmati masyarakat antara lain konsep TV pintar, furnitur rumah seperti AC, kulkas dan mesin cuci yang bisa disambungkan dengan internet.

Dampak Negatif dari Internet of Things

Selain dampak positif, Internet of Things  juga mempunyai dampak negatif salah satunya sangat terlihat di kehidupan masyarakat adalah kurangnya interaksi antar manusia. Karena kemajuan komunikasi melalui internet yang sangat pesat, maka manusia akan lebih banyak memilih saling berkomunikasi melalui media komunikasi, dan akan mengurangi intensitas bertemu. 
Selain itu, dampaknya bagi kehidupan yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah banyaknya kejahatan cyber yang semakin meningkat. Contoh kejahatan cyber yang banyak terjadi di kehidupan masyarakat adalah kemampuan untuk merusak benda yang berhubungan dengan internet melalui kiriman virus yang dapat merusak benda tersebut. contoh kejahatan lain yang lebih berbahaya misalnya penyusupan melalui internet.

Referensi



Previous
Next Post »
0 Komentar