Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

Halo kawan, kali ini saya akan memperkenalkan salah satu bidang dalam Teknologi Informasi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak. Langsung saja ya.

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak atau software engineering merupakan bidang yang berhubungan dengan perancangan, penerapan, dan modifikasi perangkat lunak yang bertujuan meningkatkan kualitas, kegunaan, pemeliharaan, dan kecepatan pembuatannya. Cakupan rekayasa perangkat lunak meliputi semua aspek produksi perangkat lunak, mulai tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, coding, pengujian, hingga pemeliharaan sistem setelah digunakan (maintenance).

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Secara umum, tujuan dari rekayasa perangkat lunak adalah menghasilkan peprangkat lunak berkualitas tinggi yang hemat biaya seperti yang ditunjukkan dalam tabel berikut ini.


Rekayasa perangkat lunak perlu dilakukan seiring meningkatnya kebutuhan pasar/masyarakat akan perangkat lunak yang mampu membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Perangkat lunak yang  paling besar peluangnya untuk dikembangkan adalah perangkat lunak aplikasi siap pakai. 
Terdapat dua macam perangkat lunak aplikasi yaitu General purpose application dan Special purpose application. General purpose application merupakan perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk keperluan umum, seperti MS. Word dan MS. Excel. Sedangkan yang disebut Special purpose application adalah aplikasi siap pakai yang dibuat khusus bagi sebuah perusahaan.

Tahapan Umum Rekayasa Perangkat Lunak 

Secara umum tahapan rekayasa perangkat lunak adalah fase definisi - fase pengembangan - fase pemeliharan.

  • Fase Definisi
    Fase definisi merupakan fase untuk menjawab pertanyaan "What". Dalam fase ini dirumuskan apa kebutuhan pasar, apa yang akan dihasilkan, seperti apa kualitas kinerja perangkat lunak yang akan direkayasa. Pada fase ini dilakukan pula analisis awal atau studi kelayakan.
  • Fase Pengembangan
    Fase pengembangan merupakan fase menjawab pertanyaan "How". Fase ini terdiri atas :
    - Perancangan perangkat lunak.
    - Penulisan program.
    - Pengujian software.
  • Fase Pemeliharaan (maintenance)
    Fase pemeliharaan meliputi proses pemutakhiran data (update), koreksi atas kesalahan (debugging), dan penyesuaian kembali karakteristik perangkat lunak dengan perkembangan terbaru (adaptasi). 
Previous
Next Post »
0 Komentar