Materi Pertemuan 1 (Network Centric Principles)

Nama          : Gede Haris Premana Wibawa.
Nim             : 1605551016.
Dosen         : I Putu Agus Eka Pratama ST., MT.
Matakuliah  : Network Centric Principles
Kampus      : Universitas Udayana, Fakultas Teknik, Program Studi Teknologi Informasi.

Halo blogger mania ? Kali ini saya kembali akan membahas mengenai materi kuliah yang sedang saya ambil di semester 6. Ada yang tau sebelumnya apa itu Network Centric Principles (NCP) ? Dipostingan saya kali ini akan membahas materi mengenai Network Centric Principles. 

Istilah Network Centric Principles atau NCP merupakan konsep dasar diberbagai teknologi, aplikasi, layanan, dan data di jaringan internet di masa sekarang. Beberapa materi yang dibahas dalam NCP ini diantaranya Content Delivery Network (CDN), Information Centric Network (ICN), System Centric System Engineering and Architecture (SOA) atau arsitektur bebasis layanan.


Network Centric Principles


Network Centric Principles erat kaitannya dengan jaringan komputer yang merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan suatu jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar data antara satu sama lain. Beberapa hal yang berkaitan dengan jaringan komputer ialah koneksi, protokol, layer, internet, dan intranet. Network Centric Principles berdasarkan pemahaman saya adalah suatu konsep prinsipal dalam hal ini berbasis jaringan yang berada didalam lingkungan jaringan komputer, yang mana meliputi infrastruktur, sistem, proses, dan pengguna yang diterapkan dalam penanganan di sisi bisnis, kesehatan, pendidikan, hingga militer. 

Network Centric Principles pada dasarnya berfokus pada 2 hal diantaranya data dan informasi dengan penerapan Network Centric Principles ini dapat mengamankan data dan informasi sehingga membuat pengguna internet nyaman.Global Information Grid merupakan istilah yang digunakan untuk mengivestasikan infrastruktur yang memiliki nilai yang begitu besar mencakup satelit, server, jaringan kabel optik. Investasi tersebut sesunggunya memiliki tujuan agar terhubung secara real time antara satu sama lain.



Network Centric Principles mempunyai 5 layer yang membentuknya, hampir mirip dengan layer yang ada pada jaringan komputer dasar yaitu OSI Layer maupun TCP/IP Layer. Layer yang ada pada Network Centric Principles dapat dilihat sebagai berikut.
1. Foundation yang berupa definis dan petunjuk.
2. Communication
3. Computing mengenai sumber daya komputasi.
4. Apllications mengenai pengembangan aplikasi.
5. Capabilities mengenai pemberdayaan seluruh layer yang berada dibawahnya.

Network Centric Principles diharapkan mampu berjalan baik pada sebanyak mungkin atau semua platform. Hal tersebut mengakibatkan Network Centric Principles untuk diterapkan pada SOA (Service Oriented Architecture), Net Centric Computation, dan teknologi lainnya di dalam jaringan komputer.

Referensi
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Centric Principles Pertemuan 1". 2019.
Previous
Next Post »
0 Komentar