Bahasa Pemrograman
Sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentuSebelum langsung membuat program, kita hendaknya memahami beberapa diantaranya :
1. Algoritma
Urutan penyelesaian suatu masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis.
2. Syntax
Setiap bahasa pemrograman memiliki syntax yang unik. Syntax merupakan aturan menulis 'kalimat' agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman.
3. Interpreter / Pustaka
Interpreter berasal dari kata 'interpet' yang artinya mengartikan, sehingga interpreter merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan syntax demi syntax pada saat saat eksekusi program.
4. IDE + OS
Program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Adapun tujuan dari IDE untuk menyediakan berbagai untilitas yang diperlukan untuk membangun software. Beberapa contoh dari IDE : DevC++, Android Studio, Eclipse.
Model Pemrograman
1.
Struktural
Pemrograman
terstruktur adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai
kumpulan prosedur dan fungsi. Prosedur merupakan program terpisah dalam
blok sendiri yang berfungsi sebagai sub-program yang merupakan sebuah program
kecil untuk memproses sebagian dari pekerjaan program utama dan tidak
mengembalikan nilai sedangkan pada Fungsi akan mengembalikan nilai,
nilai yang dihasilkan akan ditampung oleh variabel.
Beberapa contoh bahasa
pemrograman yang menggunakan model ini yaitu : Pascal, C, dll
2.
Object Oriented
Suatu metode
pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah
untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah
ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah
objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek & class yang lebih kecil lagi.
Beberapa contoh bahasa pemrograman yang
menegunakan model ini yaitu : Java dan Phyton.
Peran
1.
Jaringan Komputer (Socket
Programming)
Pemrograman yang bertujuan agar satu program bisa berinteraksi dengan program
lainnya dalam satu jaringan, biasa disebut juga dengan pemrograman jaringan.
Contohnya seperti : C, Java, dan Phyton.
2.
Database (DBC)
Kumpulan terorganisasi dari data – data yang saling berhubungan
sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil
oleh penggunanya.
Contohnya seperti : Java ODBC dan Phyton.
3.
Internet Of Things
Sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas
internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote
control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia
fisik. Bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, koleksi, termasuk benda
hidup, yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor
tertanam dan selalu “on”.
4.
Cloud Computing
Kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis
internet. Sebutan cloud sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada
teknologi jaringan internet.
5.
Intelligent
Transparation System
Integrasi antar sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan
infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna jalan. Mengintegrasikan
pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi dan
teknologi komunikasi serta membantu sistem transportasi secara keseluruhan
untuk bekerja secara efektif dan efisien. Sebagai aplikasi inti untuk
pengelolaan lalu lintas kota, ITS akan mengelola dan menggunakan sumberdaya
data yang dibagikan antara berbagai sistem pengelolaan informasi.
6.
Paralel Computing
Komputer membawa lebih dari satu task secara simultan (bersamaan). Teknik
ini dapat memungkinkan komputer bekerja secara lebih cepat dibandingkan dengna
melakukannya secara sekaligus, seperti halnya seseorang dengan dua tangan dapat
menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan orang yang hanya menggunakan satu
tangan saja.
Pada dasarnya, program komputer didesain dengan menggunakan sebuah cara di
mana tidak memungkinkan paralel computing, yaitu dengan menyelesaikan setiap
langkah dalam satu waktu. Untuk program yang melakukan proses dengan cara ini
(parallel computing), maka program tersebut didesain untuk dapat membagi task
ke dalam task-task yang lebih kecil yang dapat dikerjakan secara individual.
Keuntungan utama parallel computing adalah program dapat melakukan
eksekusi secara lebih cepat. Jika hardware komputer yang mengeksekusi sebuah
program yang menggunakan parallel computing memiliki arsitekturnya, seperti
pada processor (CPU / Central Processing Unit), parallel computing dapat menjadi
sebuah teknik yang efisien.
7.
Bio Informatika dan
E-Health
salah satu cabang baru ilmu biologi yang merupakan perpaduan antara
biologi dan teknologi informasi.
Bioinformatika sendiri mencakup kajian yang lebih mendalam dari genomik.
Dalam studi bioinformatika digunakan komputer yang mampu menyimpan data dalam
jumlah yang sangat banyak dan didukung berbagai macam software untuk
menganalisis jutaan data yang berasal dari mahluk hidup.
Tips
1.
Pahami Algoritma
Ketika anda ingin membuat suatu program, hal pertama yang anda harus buat
adalah algoritma dari program tersebut, jangan lupa untuk merancang algoritma
program tersebut dengan efisien dan tetntunya logis.
2.
Kuasai Syntax
Ketika anda telah memahami algoritma dari program anda, selanjutnya yaitu
anda harus menguasai berbagai syntax
dalam bahasa pemrograman yang akan anda gunakan yang nantinya mempermudah
proses anda dalam membuat program.
3.
Pahami Model Pemrograman
(Struktural & OOP)
Ketika anda telah menguasai syntax bahasa pemrograman, hal yang perlu
diperhatikan adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan anda gunakan,
karena pada dasarnya model pemrograman Struktural dengan OOP sungguh berbeda.
4.
Berlatih
Ketika anda ingin bisa pemrograman, anda harus siap untuk menjalani
prosesnya karena tidak ada yang instan untuk bisa pemrograman. Anda harus
berlatih terus untuk lebih cepat menguasai bahasa pemrograman yang akan anda
gunakan.
5.
Studi Kasus Sehari-hari
Studi kasus perlu anda lakukan dengan mengambil masalah yang ada dalam
kehidupan sehari-hari guna untuk melatih dan mengembangkan analisis terhadap
suatu masalah.
6.
Aktif dalam Pengembangan
Aktif dan kreatif dalam pengembangan mengenai syntax dalam bahasa pemrograman menjadikan anda lebih mahir dan bisa untuk membuat program yang sempurna.
Aktif dan kreatif dalam pengembangan mengenai syntax dalam bahasa pemrograman menjadikan anda lebih mahir dan bisa untuk membuat program yang sempurna.
Security
1.
Kesalahan Algoritma
Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara
perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras.Dengan terjadinya error
ini, maka pelaksanaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Ada beberapa kesalahan yaitu :
·
Syntax Error
Adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang
tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu
menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut.
·
Human Error
Kesalahan pada suatu sistem program yang dibuat oleh manusia.
·
Command Error
Kesalahan yang terjadi karena perintah atau intruksi yang dapat mengatur
atau mengontrol seluruh kegiatan pada suatu sistem.
·
Logical Error
Jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalah dengan jenis ini,
proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya.
2. Buffer Overflow
Suatu kondisi dimana element-element yang ada
tidak dapat lagi menempati tempat penampungan yang ada. Buffer Overflow adalah
keadaan dimana buffer (variabel yang di gunakan suatu aplikasi untuk menyimpan
datanya di memori) terisi dengan data yang ukurannya melebihi kapasitasnya
sendiri dan akibatnya kelebihan data itu akan mengisi alamat memori lain yang
bukan milik variabel tersebut atau dalam hal ini disebut dengan overwrite.
Tingkat Pemrograman
1. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman yang sifatnya lebih mudah digunakan, lebih terstruktur
, mudah dipahami dan dipelajari. Contohnya seperti Pascal dan C.
2. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa
pemrograman yang berorientasi pada mesin. Disebut tingkat rendah karena lebih
mendekat bahasa mesin dari pada bahasa manusia. Salah satu bahasa pemrograman
tingkat rendah adalah bahasa rakitan (Assembly).
0 Komentar